Posted in Astronomi, Think

Halo

Hummm, kemarin2 pernah baca di blog Uchiro tentang dia melihat matahari bercincin. Hmm, aku sering sih ngeliat hal itu. Cuma ingin menjelaskan aja lbih jauh. Matahari seakan di kelilingi oleh cincin yg bercahaya. Cincin cahaya tersebut dikenal sebagai halo. Halo adalah suatu fenomena optis, ketika suatu sumber cahaya terhalangi oleh material, sehingga cahaya tersebar / terefraksi menjadi fenomena yang menarik. Pelangi adalah contoh yang paling sering terlihat, terutama setelah hujan, ketika cahaya matahari disebarkan oleh bintik-bintik air.

Demikian juga dengan halo yang baru saja terjadi, fenomena halo terbentuk karena cahaya matahari yang melewati atmosfer bumi terdifraksi oleh awan cirrus yang mengandung kristal es. Kristal-kristal es tersebut sangat banyak di lapisan atas atmosfer, ketika orientasi kristal-kristal es ada yang tegak-lurus arah datang cahaya matahari, maka cahaya matahari yang melewati kristal-kristal tersebut tersebar menjadi fenomena yang kita kenal sebagai halo.

Halo
Halo

 Seperti pelangi, cahaya matahari terurai menjadi komponen – komponen warna mejikuhibiniu. Warna merah memiliki indeks refraksi terkecil sehingga warna merah berada pada bagian yang paling dalam, sedangkan bagian biru berada pada bagian luar. Sedangkan cahaya di luar merah tidak teramati oleh kasat mata, maka teramati bahwa bagian dalam halo lebih gelap, seolah-olah langit berlubang.

Apakah fenomena ini menandai suatu gejala alam tertentu? Fenomena halo terkait dengan dinamika awan yang bergerak pada lapisan cirrus, tetapi dinamika awan sendiri bisa sangat bervariasi, sehingga menjadi tidak relevan untuk menyatakan fenomena cuaca apa yang akan terjadi kemudian. Kendati demikian, terlepas sebagai tanda alam, baik atau buruk, halo adalah fenomena tentang keindahan alam.

 

Halo dgn bintik hitam
Halo dgn bintik hitam

Nah, begitulah. Fenomena ini pasti nya sudah banyak yang melihat. Hmm, kalau di pikir-pikir, lumayan cantik. Apalagi kalau warna pelangi nya terlihat jelas…

12 thoughts on “Halo

  1. iya iya, halo jg kan yg ada di bulan..
    pernah sih baca di ensiklopedia. emang cantik. apalagi yg warna-warninya itu..
    wah keren..

    oia, salam kenal ya..
    ini nana yg di plurk.
    hohohoho

  2. saya udah pernah ngeliatnya sekali yang matahari! gede banget. 7 warna halonya itu benar-benar kelihatan. kereeen…😀

    kalo halonya bulan, sih.. udah sering banget ngelihat. tapi kalo halonya matahari jarang banget ya dibengkulu? mungkin ada kaitannya dengan cuaca atau iklim yang panas. untung yang gede pernah ngelihat.🙂

  3. Sungguh indah fenomena alam seperti halo ini. Jadi, ngerasa kerdil&hina aku di hadapan Sang Pencipta halo dan senangnya aku diingetin tentang kebesaran Tuhan dengan postinganmu yang sarat ilmu ini, mi…🙂

    Well done!😉

    Besok puasa ya.. Aku doain ulangan fisikana lancar-jaya.. InsyaAllah.

    SEMANGAT!!😀

  4. @ syaoran
    Gitu deh. Ngliatny tu pas lg panas bgt ato pas lg dngn2!!

    He eh, trakhir aq liat bln Mei kmaren!

    @ gie
    Ho oh Gie, makasi.

    Pngen ny Gie, tp aq g smpet sahur n niat!!

    Amiiin!

    @ fenny
    Iy, fen.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s