Posted in My Days, Semicurhat, Think

Jam msuk skolah di majukan=kemacetan Jkt berkurang

Setujukah Anda dgn keputusan Pemerintah JKT yaitu memajukan jam masuk anak skolahan dari jam 07.00 menjadi 06.30? Ya ya…

Menurut saya pribadi, kemacetan di JKT itu bukan hanya di sebabkan oleh lalu lalang pelajar menuju sekolah. Kemacetan itu lebih disebabkan oleh tidak seimbang nya jumlah volume kendaraan dibandingkan dengan fasilitas jalan yang tersedia. Di samping jumlah motor dan mobil yang sdh sangat banyak, bs juga di sebabkan karna banyak ruas jalan di JKT yang kadang tidak berfungsi layak nya jalanan ‘normal’. Banyak pedagang kaki lima yang berjualan di tepi jalan, atau angkot dan kopaja2 yang sering ngetem *kadang sampe ke tngah jalan*.  Kendaraan yang kadang suka ga tau aturan, nyelip sana-sini. Hal2 ini lah yang menurut saya menyebabkan kemacetan jalan di JKT. So, jangan mengkambinghitamkan pelajar2 dengan cara sperti itu dong… *di tabok*

Apa pemerintah ga kasian sama pelajar2 nya? Coba bayangkan sendiri *atau Anda sendiri yg mrasakan nya?*. Saat ini yg jam msuk nya 07.00 pun, pelajar2 mesti bangun pagi2 untuk bersiap2 skolah. Kalo rmh ke skolah nya 1 jam, brarti plajar harus brangkat jam 5 dr rumah nya. Dan itu berarti dia harus bangun jam 4 sbuh.  Bisa2 ktemu maling di jalan!😆 Belom lagi kalo naik kopaja harus trima resiko lama2 ngetem dulu.  Mungkin dalam angkot pelajar2 juga jadi dagdigdug takut telat dan akhir nya di hukum. Nyampe skolah bkn nya dgn siap nrima materi plajaran, malah ngantuk dan 3L. Kdang kurikulum skolah atau ada kegiatan ekskul membuat pelajar pulang lewat tngah hari bahkan sore hari. Dan kalau udah gitu, mreka yang rumah nya jauh ato kena macet, bisa2 nyampe di rumah udh maghrib. Di rumah jg ga bs langsung istirahat gitu aja, si pelajar mungkin jg mesti bikin tugas, pe-er, atau ngapal ulangan untuk bsok *mungkin*. Kdang kalo ngerjain peer sampe larut malam, jam 23.00 baru tidur. Kalo mreka bangun lagi jam 04.00, brarti mreka hanya tidur slama 5 jam! 4 jam, jauh sekali dari anjuran dokter *8 jam*

Guru malah lbih parah. Walaupun jam msuk nya sama, tanggu jawab guru itu lbih banyak. Dia punya laki yang harus di urus. Anak nya jg mesti di kasi sarapan. Lah enak kalo anak nya udah gede2 smua, ato punya laki ga banyakan nuntut. Kalo anak nya masi kecil yang artinya hrus di urusin satu2? Kan repot! Byangkan itu..Pas malam juga gitu, guru jg mesti nyiapin bahan materi buat bsok, mriksa ulangan2 *mungkin*, msak, dan rumah nya jg mesti di beresin kan? Tanggung jawab sbg pngurus rmh jg mesti di jalanin nya toh. Oke lah…yg berduit bs nyewa pembantu ato apalah. Kalo yg enggak punya pembantu? *sayu2p dnger lagu All By Myself*

Belom lagi msalah ongkos. BBM udah turun, tapi sopir angkutan mana mauuu nurunin tarif? Gengsi dong…kalo rumah nya jauh banget gmna tuh ya? Mesti naik angkot 3 kali misal nya? Atau mesti naik ojek?  Ck ck ck…meski saya tidak tinggal di JKT, saya turut prihatin dengan kondisi2 pelajar di JKT. Yah, nasib mu temandh. Saya bersyukur masih bisa ngebut 10 menit dr rmh sbelum gerbang di tutup *BKL bebas macetttt, yeah :evil:*

Yaaaa, td smpat diskusi sama tmen2. Hasil diskusi itu kira2 begini, gmna kalo motor2 itu di musnahkan saja? Dan harga mobil diturunkan *diskon 75%*. *di tabok*

Oke, serius. Kata slah satu teman saya, sbaiknya pemerintah JKT itu mngurangi produksi kendaraan. Misal nya jumlah motor dan mobil nya itu di batasin aja gitu. Tapi ini jg bisa berimbas ke msalah ekonomi sih. Bisa jg dengan mematok stiap kluarga itu cm boleh punya 1 atau 2 kendaraan. Ga boleh banyak2! Atau boleh juga, pemerintah itu memperbanyak jasa angkutan umum ato bus pelajar kek ato apalah gitu. Aih, susah jg. Inti nya itu, saya bukan nya mau menyalahkan peraturan pemerintah sih. Soal nya belom tentu juga saya dapat ide penyelesaian yang lbih baik *blom ngrasa jd pemerintah sih*. Mnurut saya, memajukan jam masuk skolah itu bkn ide yang bagus, blom tentu menjamin kemacetan itu berkurang. Toh penghuni JKT bukan hanya pelajar2 doang. Hihihi…dan jg tolong perhatikan juga dong nasib pelajar2 yang ‘ditindas’ ini…

Yaaaah…kita liat saja taun depan. Kalo misal nya kemacetan memang berkurang, yah…🙂

9 thoughts on “Jam msuk skolah di majukan=kemacetan Jkt berkurang

  1. Saya lebih setuju kalau produksi kendaraan pribadi dikurangi dan kendaraan umum diprioritaskan.😐

    Masalah mulai sekolah jam 6:30 sih sebenernya juga bukan hanya pas berangkatnya, tapi jam segitu tuh tubuh kita masih dalam transisi, jadi kalau langsung loncat ke aktivitas yang berat nggak baik juga. -_-

  2. ksian pelajar dikorbankan.. kl mau..sekalian aja jam indonesia dicepetin sejam.. kae singapore atau malaysia gitu…

    *ditabok tukang molor*

  3. @ eru
    Mas mas, tolong perhatikan ade2 mu yang tertindas ini dong…

    @ cyn
    Setuju, tapi kualitas angkutan umum jg mesti memadai dan ga sembrono kek skrg.

    Betol! Kta nya pelajar bisa jadi lbih segar kalo blajar nya pagi2 bener. Bukan nya seger malah loyo dan ngantuk. Kita kan butuh tidur yang cukup *halah*.

    Yg butuh udara segar itu kan Pemerintah, supaya otak nya itu seger gitu. Ga penuh ama ide2 aneh.

    @ nai
    Oalaaaaah….

  4. Sebenernya klo mw macet juga gpp di Jakarta, asal kendaraan umumny layak bwt dinaikin.

    Ini udah desek-desekan, banyak copet, berisik, panas, asep dimana2, eh pake macet lagi … gimana gk pusing?

    Bahkan kemaren gw sempet naik bus yg mesinny kebakar😦 gimana gk panik coba?

    Klo jam pelajar dimajuin jg benerny gk ngefek, karena klo pake jam 6-7 tu gk seberapa macet sebenerny .. kecuali di tempat2 tertentu. Baru pas orang2 kantoran pada keluar kandang baru deh macet luar biasa …

    Klo usul gw mending motor dibatesin speedny sampe 40km/jam, kendaraan umum diperbaiki, n pajak mobil dimahalin semahal-mahalnya😀

    *malah curhat di blog orang*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s