Posted in My Days, Semicurhat

Menjalankan Sebuah Keyakinan Itu Sangat Sulit Lho

Cuma sedikit curhatan di kala senggang. Nggak maksud nyinggung ato APA PUN! Hmm, ini cerita tentang temen ku. Temen deket ku. Tapi, demi menjaga nama baik nya, kita panggil dia di sini Kelly. Kelly ini temen ku pas sma ini lah. Dia bisa di bilang sederhana banget. Ekonomi keluarga nya lumayan buruk lah. Ayah nya seorang nelayan, dan Ibu nya jualan ikan di pasar kaget.

Kelly ini anak nya SUMPAH pinter banget nyanyi! Suara nya merdu abis, suaranya tinggi, dan paling mantap kalo mengarasemen ulang lagu2 beken. Aq yg mentranslete lagu2 Indo ke Inggris, dia bakal nyanyi ulang lagu itu. Manteb banget lah! Dia penyuka novel dan komik juga. Tp, belum terlalu akut sperti aq. Dia cantik, banget. Putih, matanya coklat, tinggi, pinter lagi. Jorok sih, sama kek aq, tapi anak nya supel. Tomboi abis…tapi, tertutup ama masalah pribadi.

Awalnya aq g tau latar belakang dia, tapi 1 stgh tahun yang lalu dia mulai membuka diri. Jadi begini ceritanya. Hari itu, aq, Kelly, dan 4 org temen kami mo nginep di rumah ku karna ortu ku ke Padang (lagi). Pas datang ke rumah Kelly, kami langsung bertamu selayak nya tamu. Ada Bapak nya di luar teras yg liatin tajaaam bgt. Beneran ngeri waktu itu. Spanjang jlan Kelly g ngomong apa2. Nah, pas di rumah ku, dia nangis meraung-raung. Bener2 drop banget dia. Then..kami suruh dia sharing ama kami.

Here we goes…kami baru nyadar kalo Kelly itu dulu nya penganut Kristen. Ibu nya sih muslim, bapak nya pas sbelum nikah Kristen. Nah, abis nikah…bapak nya MEMAKSA Ibu nya Kelly dan Kelly buat masuk Kristen. Dia ndak tau apa2 waktu itu, masi bocah. Ibu nya nekat, balik lagi ke Islam. Kelly pun ngikut. Kelly beneran serius masuk Islam waktu itu, pas umur nya 11 tahun. Aq terharu banget denger ceritanya. Gimana dia mati2an blajar ngaji sama kami. Gimana dia belajar agama. Hiks…😦

Yg paling parah, Bapak nya sampe sekarang g pernah tau kalo dia masuk Islam. Nggak tau! Hebat kan? Kebayang apa yg terjadi? ….Ya, Kelly ama Ibu nya mati2an nyembunyiin hal ini dari Ayah nya. Jadi coba bayangkan, dia harus rela tiap hari dag dig dug cemas kalo sampe ketauan sholat ama Bapak nya. Dia harus rela nyumpetin alat sholat nya di bawah kasur, lemari, dll. Dia harus rela berkelit tiap hari minggu, dengan berbagai alasan, rela jualan ikan sampe sore, cuma untuk menghindari ajakan ke Gereja. Dia harus rela diem2 pergi ka masjid pas bulan ramadhan, dgn berbagai alasan juga.

Tapi untunglah sampe skrg g ketauan ama Bapak nya. Curiga sih iya, tp belom ktemu bukti. Kerjaan Bapak nya Kelly menguntungkan sih. Bapaknya nelayan, jadi jarang pulang ke rumah. Sanak soadara nya juga di luar kota semua. Dia gigih banget. Kadang balik skolah dia mampir ke rumah ku, buat sekedar numpang sholat. Blajar ngaji nya gigih banget. Sampe2 rasanya di kalahin ama dia. Kadang ada saat nya dia drop banget, dia bakal nangis dan sharing ama kami. But, jarang banget! Dia cewek tangguh!

Dia harus rela mohon2 sama wali kelas kami, supaya mau bantu dia. Soalnya kan kalo yg Kristen di kelas blajar nya beda. Ada lembaran tersendiri pas pembagian nilai akhir semester. Nah, itu terpaksa kami ketik sendiri di ruang TU. Walikelas yg sungguh baik hati. Dan nilai Agama di rapor harus di hpus rapi2. Bayangkan perjuangan dia selama ini, bener2 bkin hati aq skt. Pernah pas dia di rumah ku, dan tiba2 sodaranya mau datang dan nginep di kamar dia, dia panik. Alat sholat dan Al Qur’an nya cuma di simpen di lemari, yg g di kunci. Soalnya, dia mikir Bapak nya g ada di rumah dlm 2 hari itu. Tp, kalo sodara nya liat, tetep aja gawat. Dan aku harus ngebut2an nganterin dia ke rumah nya buat menyelamatkan ‘perlengkapan’ nya. Hhhh…

Dia mati2an nyari waktu di mana pun, nyari ruangan di rumah nya yg terlalu kecil buat kluarga dia, untuk sekedar sholat. Sdangkan kami? Teman2 nya…begitu banyak waktu, begitu banyak tempat, mau sholat, mau tadarus, mau apa kek. G di larang, tapi kami g manfaatin itu. Kadang ada ajaaa, alasan yg bkin sholat bolong.😦

Hhhh, nama nya hidup…saat kita di kasi sesuatu dlm jumlah tak terbatas, kita g mau manfaatin nya, Tapi, pas sesuatu itu menjadi sulit di raih, kita jadi mati2an berjuang buat dapetin itu.

Kitin, be strong ya, Sis. Yakin kalo suatu saat Bapak mu mau nerima semua ini…

  

 

 

36 thoughts on “Menjalankan Sebuah Keyakinan Itu Sangat Sulit Lho

  1. hmmm…ga bisa komen banyak2, soalnya masalah beginian sensitif banget, mi. takut salah. tapi buat aku pribadi sih, agama mestinya bukan sesuatu yg kita jalani dengan terpaksa. ini sesuatu yg private banget, dan cuma kita yang tau mana yg paling nyaman dan paling kita yakini. gituuu…

  2. Itulah mbok. Si doi kek nya enak bgt gtu jalanin smua ini, cuma dia mikir Bapak nya itu loh. Bapak nya itu suka mukul & mrah2.

  3. masyaAllah,,,,
    Allah tidak akan menyia-nyiakan sekecil apapun amalan dari hambaNya.

    Semoga temanmu slalu dalam lindungan Allah, diberi kekuatan, kesabaran, dan istiqomah di atas jalan-Nya…

    “innaddina indallahi Islam” – sesungguhnya agama yg diridhoi oleh Allah hanyalah Islam

  4. saya baru saha mau posting tentang perbedaan antara muslim ama muallaf.. saya baru punya kenalan china prapto masuk kristen,😆

    kasian ya, mbak.. untung ayahnya nelayan jadi sering keluar. kalo ga? bakalan ketahuan.. she’s so strong…

    beda banget sama muslim yang asli. dia bela2in belajar ngaji dan solat 5 waktu. sementara yg muslim? solat aja sering bolong2. malah mungkin ada yang ga sama sekali.. harusnya kita mencontoh dari dia,,

  5. Hmm, punya temen yang senasib ma Kelly,

    cuma kisah yang temen itu berbeda, kisah dia uda berakhir bahagia
    karena pada akhirnya sang ayah menyerah😀

    I hope Kelly’s dad dikasi petunjuk deh,
    since religion is a basic choice every human must made

    ———
    And you can see around special people,
    there will revolve another special people🙂

  6. @ tama
    Mau nomer hape nya Tam?:mrgreen:

    @ eru
    Eh iya, udah pernah sih bilang ama Kelly supaya ngomong jujur ama Bapak nya. Soalnya kan negara udah ngasih kebebasan tiap individu buat milih agama nya toh. Tp, si Kelly masi takut sih. Humm!

    Iya, ru.😎

  7. Ass,wr,wb,salut dech buat si kelly klo ada pejantan tangguh dia termasuk wanita yang tangguh. Semoga Allah mencurahkan rahmat-Nya kepada kita semua.
    segala puja dan syukur kepada Allah Swt dan shalawat salam untuk RasulNya

  8. hmmm… mo agama apapun asal dijalani dengan baek dan bener pasti akan bawa berkah buat yg memeluk… bapaknya Kelly itu ga akan bawa berkah buat dirinya sendiri apalagi keluarganya kalo emang dia maksain kayak gitu… gimanapun ga bakalan “ridho” deh istilahnya… agama ga bisa dipaksain…
    itu masalah hati si pemeluk agama dan Tuhan-nya…

    semoga aja bapaknya Kelly cepet melek… dan Kelly tetep kuat dan akhirnya bisa berani kasih liat ke bapaknya bahwa imannya adalah Islam dan dia mau bener di Islam…

    amin🙂

  9. humm …. pantesan lama bener bikin postingannya mi, ternyata kaya gini … sensitif uy …

    temen gua ada tiga biji tuh yg ky gt, bonyoknya beda agama, c H, c J, ma c W, trus dosen aku juga ada satu, HM. Tapi kynya ga sesusah itu tuh kehidupannya bahkan oleh tetangganya … ga gimana2 amat tuh …

    emang sih biasanya klo bonyoknya beda agama, anaknya ngikutin agama bokapnya, tapi ga harus kan … ?

    eniwei, klo kata gua sih, klo berlanjut ky gini, lama2 bisa2 ada KDRT lhoo!!! mending juga bikin bokapnya ngerti gt …
    bukan soal si anaknya susah sholat dan semacamnya gtu … itu tadi aja katanya udah ada pukul-memukul … kaga bakalan mati tu anak trus2an kaya gt hidupnya? mana baru SMA lagi … klo dah kul ato gawe sih dah rada2 santai kle yah?

    *btw, mi, typo lagi, yg bener keknya introspeksi deh, bukan instropeksi, bukan juga intropeksi …😛

  10. @ fajar
    Amiiin…😀

    @ fanz
    Gyahahhaha…😆

    @ mbak carra
    Iya mbak. Mbak carra betul sekaleee….amin.😀

    @ hanggadamai
    Iye…

    @ pilus
    Iya, gw jg mikir kek gitu lus. KDRT, kan gawat! Ntar deh, di bilangin ama Kelly spya mau terus terang, toh akhirnya ntar PASTI bakal ketauan kan…

    Si H? H yg mana nih? Kan temen lu yg inisial H ada dua, Lus.

    Hoo?😯 Iya ya? Adoh, maklum. Ngantuk wktu itu…:mrgreen:

  11. *bener2 terharu*

    Ternyata masih ada ya sekelumit kisah tentang keteguhan memegang keyakinan kek si kelly itu.

    *introspeksi diri*

    Hm.. Iya memang, cepat ato lambat Kelly bakal ketauan sama bapaknya.

    Sepertinya Kelly butuh seseorang yg lebih dewasa untuk ngedukung dia biar nanti pas jujur sama bapaknya, (moga2) dia bisa diterima tanpa emosi. Lebih baik kalo didukung sama sodaranya ato sapa aja yg deket sama dia dan keluarganya.

    Titip salam ya mi buat dia. Semangat selalu dan keep istiqomah ya, Kelly! ^^

    Btw, udah minta izin ama empunya blom buat majangin fotonya disini? Hayoo ngaku!😀

  12. @ gie
    Iyah, kami (berlima) tetep dkung dia kok. Lgian, Bapak nya ngomong nya kasar abis. Jd merinding. Sodara nya masi kecil2 smua Gie. Dia ank sulung, kluarga nya beda agama smua.

    Hee? Belom, gie. Lagian dia jarang buka blog ku kok.:mrgreen:

  13. @mimi : no hape? aih ntar daku dijadiin sate penyu sama bapaknya

    @pilus : ga harus emang, bonyok gw beda agama. gw sebagai anaknya malah beda ama mereka berdua hehehe

    klo liat sifat bapaknya yg strict banget sama agama gitu mending minta bantuan pemuka agama ato orang yg dihormati bapaknya buat membujuk (biar ga terjadi perang dunia 3 gitu)

  14. @ tama😯 Buset dah.
    Iya yah? Minta bantuan ulama aja gitu kali yee…

    Lagian aq sebel ama Bapak nya, dia mrah2 kalo ank nya g k greja. Tapi dia sendiri g taat beribadah ssuai agama dia.👿

  15. hmmm…awal2 baca, saya pikir kamu ngomongin saya… secara pintar nyanyi… blablabla… dsb. ternyata bukan…

    btw, masalah agama, sepakat ma mbok venus… rada sensi obrolan ini. Tapi apapun agamanya, asal dijalanin dengan tulus iklhas dan tanpa paksaan sejatinya membuat org menjalani hidup dengan tenang.

    Salam buat kelly yahhh

  16. Haa? Hihihi, pinter nyanyi yah. Nyanyiin satu lagu deh biar bisa kluar ds sini. *lagak senior*

    Iya sih, g bisa di paksain yg beginian. Humm…

    Iya, ntar di sampein.:mrgreen:

  17. waoooo hebattt bangettt….. salut buat si kelly… BRAVOOO!!!
    bener2 kata2 diatas… cepet ato lambat pasti ketahuan sm bapaknya… jd gmn ya…tetep harus bilang sih… hayoo mi… jd tameng dia… semangatin!!!! Peace Kelly

  18. @ami : yahh yang itulah ….😛

    yupz … negara memang mengatur seperti itu … tapi ortu ? negara sama ortu lebih deket mana sih ? yg ngasuh kita dari lahir ampe skarang kan ortu, bukan negara … jadi klo mo tiba2 ngomongin undang2 segala macem ke bokapnya yg keras gt, gua sih takutnya malah nambah keruh keadaan … minta bantuan ulama boleh juga … tapi kata gua sih jangan dulu minta bantuan ke semacam pemuka agama gt uy … mending juga raih hati dulu orang yang udah deket ama bokap lu itu, baru minta bantuan die … gtuu …

  19. @ pilus
    Masalah nya Lus…Bapak nya itu g deket2 ama org. Tertutup bgt org nya. Kalo pun, misalnya minta bantuan dr org ato sodara nya, g bakal ngerti. Sodara nya beda smua & jauh2. Kita ber6 udh nyoba gitu pendekatan ama Om2 nya, trus tante2nya, susah bgt. Malah kami yg di bentak.

  20. Uwoogh… Aku terharu!😥 sedangkan aku aj srg nyia2in waktu buat hal yg gk guna. :(( *nangis darah* enw, thx mimi-nee-chan. Postingannya menyadarkan diriku. Hiks..

Comments are closed.