Posted in Book, Review

5 CM

Believe it or not, novel ini novel Indonesia TERBAGUS yg pernah aq baca. Yg ku baca dr smp sampe skrang sampe total baca ulang keseluruhan 10 kali…udh di bolak balik ratusan kali…sampe aq hrus ngoleksi 2 buah novel ini. Satu2 nya novel yg mampu bikin mood aq naik drastis, pas lg kehilangan motivasi. So, bagi smua yg belom pernah baca buku ini, believe me…buku ini lebih dahsyat dr Laskar Pelangi dan konco2nya itu.

Oke, mari ku ceritakan sedikit tentang my fav one ini. Jdul nya simpel, 5 cm. Not, 5 cm/sekon pastinyaa!😆 Pengarang nya Donny Dhirgantoro, stebal 379 halaman. Cover nya juga simpel. Warna item dgn tulisan 5 CM di tgh2. Kalo lebih jeli, ada tulisan banyak sih…cm di tulis dgn tinta hitam dan tulisan ala bevel. Halaman pertama? Puisi Kahlil Gibran menyambut…

                

 

Buku ini memuat tema yg sangat sederhana, simpel, yaitu friendship. Okeh, mungkin ini udah biasa buat kita. Banyak kok novel tentang gituan. Tp skali lagi, trust me…buku ini sgt sgt beda dr novel biasa. Buku ini di awali dengan prolog berisi pembahasan tentang mimpi. Well, mgkn penulis nya memang banyak mengutip kalimat2 bijak dr filsuf2, bahkan dr penyanyi. Yah, setiap lembaran bab nya pasti ada suatu OST yg mengiring.😆 Smua berawal dr mimpi…

Tokoh2 nya yaitu Arial si cowo rambo, Riani the only girl (cihuuy), Zafran (my man), Genta sang pemimpin, Ian si bokep. Huahahaha. Mreka sdh bersahabat sejak sma. Walopun secara personal mreka sgt sgt berbeda, tp mreka g pernah bertengkar hebat! Kemana2 selalu bertiga, sering meributkan hal yg sepele, marah2, tp sedetik kemudian mreka ketawa lagi. Mreka bener2 gila. Punya hobi yg sama, smua kejadian di sekitar mreka enth kenapa selalu bs mreka jabarkan dgn lirik lagu. Pemikir dan debater sejati. Dan, aq sukses ketawa ngakak baca rumus Matematika nya Ian dlm memasak Mi Rebus.😆 Then, munculah ide itu. Ide untuk berpisah sementara waktu. Banyak nya hal yg mereka lewati selama bersama-sama, membuat mreka berpikir untuk ingin melihat dunia di luar dunia mimpi mereka. Jadilah mreka buat kesepakatan untuk no kontek2an slm 3 bln penuh. Limit time nya pas 14 Agustus.

Dlm masa2 itu lah mreka bikin perubahan yg amat mengejutkan. Arial mulai menemukan cinta nya dgn Indy. Well, di jamin bakal ngakak pas baca mreka sms an! Why? Arial miskin kata.:mrgreen: Riani yg mulai gundah gelisah serta malarindu memikirkan sang pujaan hati, Genta yg fokus ama pekerjaan nya, Zafran yg sibuk hilir mudik tak tentu arah, dan Ian yg pontang panting ngebut TA slma 2 bln biar cepet2 wisuda. Di bagian ini, critanya kurang seru sih.

Genta sbg PJ dr acara pertemuan mreka tnggal 14 Agustus, sengaja bikin surprise. Dia nyruh tmen2 deket nya ini membawa sejumlah peralatan tanpa memberi clue. Well, mreka bakal mendaki puncak Mahameru. Di sini, cerita nya bermula lebih seru. Dr mreka naik kereta kelas ekonomi, mreka ktemu Mas Gembul, Ian yg sibuk pamer wisuda nya & sibuk nyari makan, bertemu Daniek dkk, crita Riani yg udh g sanggup lagi berjalan krna kaki nya udh lecet, mreka ngeliat ladang bunga edelwis, kena hujan batu, DAN upacara 17 Agustus di puncak tertinggi Mahameru. Hebat, bener2 hebat. Sampe di sana, aq udh g sanggup nahan air mata ku.😦 Om Donny begitu hebat dlm menjelaskan semua rincian kejadian tersebut, seolah2 aq bner2 ngerasain ada di tempat itu. Dan bkn ssuatu yg mengejutkan kalo ada cinta yg tumbuh kan? Cihuuy, aq kasi bocoran aja. Cinta segilima loh, bkn segitiga lagi.😎

Ending nya? Well, sungguh penutup yg luar biasa.😎 Bkn melebih2kan, aq cm menyarankan buku ini supaya di baca. Why? Bisa di jadiin motivator. Beneran deh! Ini kutipan yg paling aq suka…

 

Kalo kita punya yakin sama sesuatu, kita cuma harus percaya, terus berusaha bangkit dari kegagalan, jangan pernah menyerah dan taruh keyakinan itu di sini, tepat di depan keningmu. Semua keyakinan, keinginan, dan harapan kamu. Kamu taruh di sana…jangan menempel di kening…biarkan dia…mengambang…menggantung…5 centimeter…di depan kening kamu…Jadi dia nggak akan pernah lepas dari mata kamu. Dan kamu bawa mimpi dan keyakinan kamu itu setiap hari, kamu lihat setiap hari, dan percaya bahwa kamu bisa. Apa pun hambatannya, bilang sama diri kamu sendiri, kalo kamu percaya sama keinginan itu dan kamu nggak bisa menyerah. Bahwa kamu akan berdiri lagi setiap kamu jatuh, bahwa kamu akan mengejar nya sampai dapat, apa pu  itu, segala keinginan, mimpi, cita-cita, keyakianan diri. Biarkan keinginanmu 5 centi meter menggantung mengambang di depan kening kamu. Dan…sehabis itu yang kamu perlu cuma…

Cuma kaki yang akan berjalan lebih jauh dari biasanya, tangan yang akan berbuat lebih banyak dari biasanya, mata yang akan menatap lebih lama dari biasanya, leher yang akan lebih sering melihat ke atas. Lapisan tekad yang seribu kali lebih keras dari baja…Dan hati yang akan bekerja lebih keras dari biasanya…Serta mulut yang akan selalu berdoa. Dan kamu akan selalu dikenang sebagai orang yang masih punya mimpi dan keyakinan, bukan cuma seonggok daging yang punya nama. Kamu akan dikenang sebagai seorang yang percaya pada kekuatan mimpi dan mengejarnya, bukan seorang pemimpin saja, bukan orang biasa-biasa saja tanpa tujuan, mengikuti arus dan kalah oleh keadaan. Tapi seseorang yang selalu percaya akan keajaiban mimpi keajaiban cita-cita, dan keajaiban keyakinan manusia yang tak terkalkulasikan dengan angka berapa pun…Dan kamu nggak perlu bukti apakah mimpI itu akan terwujud nantinya karena kamu hanya harus mempercayainya. Percaya…pada 5 centi meter di depan kening kamu!

21 thoughts on “5 CM

  1. Emang seru, zo. Untk smua umur sih ya. Pokoke ku kasi bintang 5 deh!

    Iya, km udh brapa taun g k sni? Mentang2 keasikan skola, g sempet k sni lg. Huh, *misuh2*

  2. gyahahahha….

    aku udah baca novel ini…

    keren2…. keren abizz……… soal friendship dan ke mahameru itunya lho… sampe bikin aku mimpi pengen ke sono juga….

    *someday kali ye kesana… kan harus yakin….:mrgreen: *

  3. novel lokal to…

    kemarin ku dikirimin sebuah kalimat penyemangat dari teman2 (gara-gara mereka denger kabar sidang pendadarannky gk diterima alias gagal atawa gak lulus)…yang katanya di ambil dari novel…

    ternyata novel ini… 5cm ???

  4. yayaya..

    5 cm didepanku masih ada impian yang belum kesampaian…

    hmm… kekna musti baca deh…

    ok oke… thx reviewnya, mi… ^^
    🙂

  5. novel Indonesia…???🙄 ehm… udah apriori duluan😛

    noh mi… udah ta’jelasin ituh di postinganku yg kmrn… apanya siy yg bikin confuse, nak…??😛😆

  6. @ eru
    He? RW?
    Apa yg d apdet?

    @ nai
    Bgus kaan??? Apa ku blg, bku ini hebat. Bkin org bermimpi!

    @ gie
    Ya! Wjib bca, gie. Kan km masi bnyk impian ny, biar jd motivator gtu.:mrgreen:

    @ carra
    Oh! Roger, kapten! *meluncur k tkp*

    @ koko
    Eh? Emang ada gtu? Kok aq g teu ya!🙄

  7. @ jenderal & mbak carra
    Mm, bca deh. Di jamin kren. Walopun nvel lokal, tp kualitas dan kuantitas ny terjamin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s