Posted in Holiiidays, My Days, Semicurhat

Liburan Jilid 3

Nah, kenapa ada Liburan Jilid 3? Karna liburan selama 3 minggu, jd Liburan pun sampe 3 Jilid.👿 Apa yg terjadi di minggu kedua? Begini laporan nya. Balik dr Padang pas hr selasa kmaren. G langsung ke Bengkulu. Tp berenti di Muko2, tempet Bibi. Ada pesta keluarga sih. Makanya g bisa lama2 di Padang, mepet nikahan ini soal nya. Yg nikah itu keponakan ku. Yep, keponakan kurang ajar…berani2 nyaaa ngelangkahin Bibi nya yg imut satu ini. Huh, tp apa daya…udah ketemu jodoh.

Jadi, keponakan ku ini nama nya Irwan. Aq manggil dia Abang, dia manggil aq Ci Mimi. Hayah, repot bgt dah…Udah tamat kuliah sih, tp status ku sbg Bibi g bisa ilang!!!👿 Jadilah, dia nikah ama Maria. Jauh2 di cari ama Kak Jo (nick nya Bang Irwan) sampe ke Jogja, tp yg di dapet org Bengkulu jg. Yah, jodoh. Awalnya aq sempet kaget lhoo! Bang Irwan ini punya pacar, mbak Ika. Mahasiswi Babe di FakHum. Mreka udh pacaran selama 6 taun! Widih, sering bgt ketemu di jalan. Mojok. Hihihi…Tp sebulan yg lalu….

Babe    : Mi, bulan juli Bang Jo mau nikah?

Aq       : Yesh, jadi juga ama mbak Ika. *udah girang mikir makan nya*

Babe    : Bukan. Bkn sama Mbak Ika. Sama Mbak Maria. Anak nya Om Maril.

Aq       : Haa? Kok bs?

Babe    : Biasaa, di jodohin.

Yah, begitulah. Gossip nya mereka di jodohin. Gimana g mikir kek gitu? Kak Jo tinggal di sini, si Mbak Maria lagi kuliah di Jogja. Kapan mrek ketemu? Gimana mreka kenalan? Kapan jadian nya?? Intinya, aq ketinggalan berita.🙂 Bener2 deh. Pernikahan nya bener2 ngikutin tradisi org Muko-muko, tmpet lahir nya Bang Irwan. Pesta 5 hari non stop. Buseeet, dr siang ampe malem! Sampe mabok!👿 Mulai nya hari senin, itu biasa aja. Masangin Kelambu 7 lapis, tirai2 pelapis dinding, masak2, masang tenda di depan rumah, bla bla bla. Hari kedua mulai ada acara. Masi lingkup keluarga aja yg di undang. Sukuran. Malem nya Tari Gandai, adat nya org Muko2 tuh. Hr ketiga, tamat ngaji. Jd, org yg mau nikah di sini…harus namatin ngaji nya. Sbenernya juga, ini g resmi bgt. Sbg pelengkap doang. Kalo mau acara ginian, harus di arak-arak in di jalan sejauh 500 meter lah…pake sorban, sarung, payung, tongkat, etc lah. Maluu…Belom lagi harus masuk kaum. Biasanya cewe yg masuk kaum si cowo. Tp, kalo belom nikah, ngikut keluarga sih. You know what, aq masuk Kaum 13. 13!!!😆 Nasiib…

Emang dasar kedua belah pihak nya udah kaya dr sono nya. Terbiasa hidup mewah sih ya.  Well, sebenernya Kak Jo & Mbak M ini sodaraan. Sodaraan jauh lah. G ada hubungan darah. Makanya, pas acara nikahan, yg hadir itu yaaa…org2 itu lah. Sekitar keluarga itulah. Karna keluarga Mbak M sama kek keluarga nya Kak Jo. You know, biasanya kalo di Muko2, pihak cowo wajib ngasi hantaran ke pihak cewe. Biasanya sih, puun duit. Puun mainan, duit2 di gantungin di dahan2 nya. Tp, kmaren, Kak Jo milih pake tabot aja. Jadilah, hantaran nya berbentuk tabot. Total nya? 50 juta?😯 Weks, jangankan kalian, aq aja shock. Banyak amat, baru hantaran loh…baru hantaran!! Belom nikah nya, belom mahar nyaa! Tp, yah…mgkn bagi nya biasa2 aja. Acara nya di adakan di 3 tempat yg berbeda. Aq, dr pihak sbelah cowo, ngelakukan acara cm sampe hr rabu. Di rumah Kak Jo ini…g terlalu mewah sih. Tp, kalo urusan makan…jangan di tanya. Sehari aja makanan udah di siapin buat 5 ronde. Pagi2, nasi kunyit. Pagi menjelang siang, makan nasi. Siang jam 2-an, makan nasi lagi. Jam 5-an, ada kue2. Jam 7 malem, ada nasi lagi. Buseet, kenyang ampe mampus.

Nikah nya di rumah si cewe, Mbak M. Rumah nya gedeeeee bgt. Halaman depan aja luas bgt. Di samping nya ada kolam renang. Trus di belakang, ada halaman lagi. Ada jogging track langsung masuk ke kebun sawit nya lagi. Ckckck….Jd mupeng deh. Aq beserta keluarga besar nya Kak Jo pergi dr rumah jam 1 siang. Jarak antara rmh Kak Jo & Mbak M itu sekitar 1 jam-an. Lumayan jauh, cm bs ngebut. Konvoi besar2an bgt. Adalah sekitar 27 mobil. Paling depan, biasa…mobil patroli di iringi suara ngiung2…di belakang baru nyusul mobil penganten. Selama perjalanan, jd inget malem sbelum nya. *flashback mode on

Well, kami…yg muda2 doang. Ngumpul2 di rumah nya Kak Jo. Berhubung Kak Jo ini baru 3 minggu putus ama Mbak Ika, jadi Kak Jo kami godain abis2-an…Teteh Resi yg paling yahud, dia blg gini: “Kak Jo, kalau ndak balik lg ke Mbak Ika, masi bisa. Belum terlambat, bro. Lari lah kini, drpda besok nyesal. Kami dukung kok. Tenang ajaaa….” Buseet, abis itu, Kak Jo diem. Sekitar 5 menit. Jangan2 dia bener2 mikir mau kabur lagi. Hayah…trus malem itu, latian ijab kabul (betul g sih nulis nya)…di rekam pake hape, trus di denger2 berulang kali. Bener lho, ngucapin nya itu pas latian kek nya gampang. Cm pas praktek nya, biasanya banyak yg salah. Kata Babe, itu kan sakral. Jd banyak magis nya. Halah…😛 But, waktu Oom ku nikah dulu…ada kejadian lucu. Oom ku udah bener nyebutin nya…udah lancar. Cuman, Ayah nya si cewe ini yg suka ngadat. Bayangkan, sampe di ulang 9 kali. Bahkan, dia lupa nama panjang anak nya sendiri!! Buset, aq yg liet nya aja udh gregetan.:mrgreen:

Anw lagi, aq ma sodara2 juga mikir kalo pernikahan Kak Jo ini di kutuk. Apa sebab? Soalnya, tepat subuh sebelum acara nikahan, gempa datang. G terlalu gede, tp lamaaa. Sekitar 5 menit. Fiuuuh, kek main ayunan. Trus, pas lagi ngasi hantaran, salah satu nya jatoh. Pas mau masang cincin, cincin nya ilaaang. Huh, Kak Jo udh cemas bgt. Takut di kutuk Mbak Ika. Hihihi, tp smua lancar akhirnya…

Jd, pas nyampe di rumah Mbak M, kami yg cewe2…langsung nyungsep ke kamar pengantin. Cihuuy…liatin mbak M yg lagi duduk lesehan di sana. Awalnya sempet kaget. Why? Karna tiba2 ada yg teriak kek gini…: “Nekmuuut!” Awalnya aq g ngeh. Trus tiba2 ada yg narik tangan aq, weks….ada si Davi. Then, dgn polos nya dia ngomong “Ayeeek muuuuut”….Ya olooo, malu bgt waktu itu. Emang harus di akui, kalo Davi itu cucu g resmi ku. Ya, walopun tampang ku masi muda gini, aq diam2 udah punya cucu 5 org. 5!!! Mreka aq ajarin manggil, Nek Mut (Nenek Imut)…biar keren dikit. Tp, ah…malu.😳 Gimana tampang si Davi? Ini lah dia…Well, jangan tertipu badan ndut nya dia. Davi baru berumur 2 taun 12 hari.😎

Well, acaranya berlangsung lamaaa bgt. Soalnya penghulu nya kan beda. Susunan acara nya juga beda. Pas ijab kabul, pengantin cewe g bole ada di sebelah pengantin cowo. Harus jauh2an. Trus, entar minta restu satu2…pake daun sirih & kemenyan. Trus, serah terima hantaran nya. Banyak bgt. Puun duit itu salah satu nya. Trus ada beras, buah kelapa, alat2 kosmetik lah, etc. Trus, ngaji dulu. Then, ijab kabul….aneh bgt. G boleh duduk, harus jongkok. Siku tangan di lutut, kek mau adu panco gitu. Sukuuur bgt, Kak Jo lancar nyebutin nya cm sekali. Org2 yg ngeliat udah pasang telinga, udah tegang. Pas di bilang SAH, baru deh nyandar lagi di dinding. G sia2 ternyata, semaleman Kak Jo latian. Hihihi…

Abis itu, baru di bolehin Mbak M tatap muka sama Kak Jo. Senyum2 deh, sejoli itu. Melepas rindu. Oh ya, seminggu sebelum nikah, mereka di wajibkan g bole ketemu. Maka nya, udah kangen. Maybe…😆 Abis tukaran cincin, mreka keliling ruangan nyalamin sodara2 satu2, di iringi nyanyian Shalawat Nabi. Huhuhu…jd sedih bgt waktu itu. Kak Jo, our big bro. You know what, Kak Jo bkn hanya ngelangkahin Bibi nya, tp jg ngelangkahin kakak Kandung nya sendiri. Jd, Kak Jo ini anak tgh, Bang Fiko yg paling tua…merelakan Kak Jo duluan yg nikah.😥 Sedih bgt waktu ngeliat Mama nya Kak Jo di salamin. Huhuhu, mana abis pesta minggu depan, Kak Jo langsung di boyong Mbak M ke Jogja lagi. Mbak M lg ko-ass, maka nya di boyong sekalian ke sana.

Well, acaranya berakhir jam 5 sore. Aq langsung tancap gas menuju Bengkulu. Sbenernya ada acara lagi hari Jum’at, Sabtu, & Minggu di rmh nya Mbak M. Nari gandai, pesta nya, Bersanding Duo, Malam Hiburan, bla bla bla. Cm, krna nyokap udah izin 12 hari dan aq jg harus daftar ulang hr jum’at…maka sore itu jg kami pulang. Hayah…untung ada Bang Gian, sepupu ku lagi. Ada temen nyopir deh. Kalo Nyak & Babe, g bisa diharapkan deh. Nyak bakal tidur pulas begitu baru nyentuh jok mobil. Babe tidur2 ayam. Kmaren 6 jam perjalanan, di bagi 2 ama Bang Gian. Huhuhu, nyampe di rumah jam 1. Molor lagi, gara2 hujan badaii…😦 Huh…

Yak, edisi holiday berakhir sampai di sini. Well, seperti nya ini liburan terakhir yg bakal ku alamin untuk setaun ke depan. UAN menanti Mii. No time for holidays pokoknya! Kalo buat blog, ng…masi bs di atur lah.:mrgreen:

28 thoughts on “Liburan Jilid 3

  1. Kak Jo tinggal di sini, si Mbak Maria lagi kuliah di Jogja. Kapan mrek ketemu?

    banyak jalan menuju Roma jodoh mi…😀 aku ma soulmate ku pun begitu😛

  2. Ini ceritany bnyak flash back ya? Wkwk.. Br tau adat muko2 d sumatra toh?, swlny pas dnger kata ‘muko’ lngsung ngbyngn pdalaman afrika :p

  3. di sana panggilan Ci itu tante ya mi? kalo di sini Ci itu kakak…😀
    trs… rumah Mbak Marianya kek rumah di sinetron2 aja ya… hahhaha ada kolam renang segala 8)

  4. @ carra
    Haha, jodoh. Emg solmet mbak carra nemu nya di mana???:mrgreen:

    @ eru
    Ho oh.😎
    Ehhh, enk aja. Jauh amet kalo di Afrika. Buset dah, Ru. *geleng2 kepala*😆

  5. @ koko
    Tauk tuh. Ada2 aja. G kok, g pake lift.

    Eh? Emg ada biro jdoh lwat kompas? Ckckck, g nyangka kalo mbak carra bip bip biipp. *d tabok mbak carra*

  6. hehehe…gosip aja…ada kontak jodoh kali di kompas..ketauan gak pernah baca kompas minggu…

    meski gak ada lift siapa tahu ada lorong rahasia…atau basement tempat harta karun..hehehe..

  7. wekz….serius putus 3 minggu langsung nikah…..

    ampunn…mungkin itu obat patah hati kali yee….

    putus cari lagi gyahahah…😀

    selamat deh buat pernikahan bang jo-nya ^ ^

    *ehh kl further story mba ikanya ma sapa ga ada ya :D*

    *hum kok malah jadi kek novel*

  8. No komen mbak carra…

    @ atrix
    Huu, lupa d bales.
    Sbenernya itu singkatan aja. Aq d panggil Bucik. Cuma gra2 masi kecil, yaa…di singkat2 jdilah Ci Mimi…:mrgreen:

    Ho oh, gede bgt rmh nya. *ngiri mode on*

    @ zeal
    Wah, belom pernah denger tuh. Makasi info nya.
    Annnnnd, slm kenal.

    *langsung klik situs nya*

  9. Kkkkk…
    Nemutt!! Nemutt!!!

    Nenek termuda di dunia…😆

    Eh, tapi si kakek mana, mi? Anak kembarmu juga, manaaa??
    Kok ndak kliatan…?😛

    *kabooooorrr*

    wkwkwk..:mrgreen:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s