Posted in My Days, OOT, Think

Sekitar UAN

Hari Sabtu kmaren, hari penentuan segala umat anak sma kls 3. Pengumuman kelulusan. Amplop putih yg paling d tunggu2. Dr keseluruhan skolah2 d bengkulu, yg g lulus persentase ny (kalo g slh) 35%). Anjrit..banyak banget. Spupu2 ku yg udh kls 3, pada sutris menjelang pengumuman kmaren. Tp, lulus juga sih.

Gimana g sutris coba? Mata pelajaran ny 6. Enem. Mapel penjuruan juga ikut serta tuh. Belom lagi, standar kelulusan ny yg tinggi. Oke, kalo d bandingin sama negeri org, sebut aja Malaysia, standar ny udh tinggi bgt. But…Indonesia g sama ma Malaysia. Beda. Aq heran, setiap kali org demo about UAN, pemerintah pasti alasan ny kek gini: “Indonesia harus maju. KIta harus nyontoh dr negeri orang. D Malaysia aja, standar ny udah tinggi”. Makan tuh Malaysia!! Makan tuh nilai!

Indonesia ya Indonesia. Malaysia ya Malaysia. Emang dasar ny otak2 Indonesia cuma segini. Emang dasar ny kemampuan kita segini. Emang dr sono ny, kita baru mampu segini. G usah muluk2, toh kita kan emang negara berkembang. Pengen maju sih bole, tp kalo mo langsung jadi, mana adaaa!!! Smua ny toh, perlu proses.

Pemerintah sibuk naikin standar nilai kelulusan. Sibuk ngadain UAN yg g tentu. Seharusnya mreka mikir lebih jauh dong. Output yg d hasilkan UAN, itu sebanding g sama biaya ny itu. Daripada buang2 duit negara, mendingan duit ny di abisin buat melengkapi sarana dan pra sarana pendidikan. Mikir secara logika aja yaa…pemerintah sibuk ngadain UAN, tanpa jelas gimana hasilny itu. Korupsi mengatasnamakan pendidikan.

Emang ny pemerintah pusat sana tau gimana perkembangan siswa2 d skolah? Emang ny pemerintah pusat sana tau kalo misalny si A yg lulus bolos mulu? Emang ny pemerintah pusat sana tau gimana sikap2 siswa2 itu d skolah? G kan? G kan!!!

Knapa g mreka bkin aja otonomi daerah. Jadiny, pemerintah provinsi yg ngatur UAN. Pemerintah daerah yg bkin soal2 UAN buat daerah mreka sendiri. Bukan pemerintah pusat. Jadiny, mreka lebih gampang buat mencapai target, krna sesuai dgn standar daerah itu sendiri. Kalo mau sama rata satu negara ini, bakal susah. Sperti kata Mas Pandu, jelas aja sarana dan pra sarana jd pendukung utama dlm pendidikan. Kalo mutu guru ny g bagus, jelas aja berpengaruh sama murid2 didik ny. Kalo sarana pendidikan ny g lengkap, mana bisa blajar secara optimal.

Ambil contoh aja Papua ato Aceh yg kta ny cuma 3 org yg lulus. Mreka jauh d ujung sana. Bahkan skolah jarang ada! Fsilitas ny g lengkap. Jangan kan labor2 yg udah spesifik, punya komputer aja mujur. Srana ny dikit. Jalan k skolah pun, harus d tempuh berkilo-kilo. Bagi yg udah baca Tetralogi Laskar Pelangi pasti tau gimana susah ny org Belitong sana kalo mo skolah. Status pun jd msalah. Kalo d bandingin ama skolah2 beken d kota2 besar, g sebanding sama skolah2 kecil d pelosok2 negri. ITU, yg mau d bkin sma rata? Mana bisa!!

Ada tmen ny tmen ku yg rajin bgt. Pinter, TTU deh…Tp, gra2 ortu dia cerai seminggu sbelum dia UAN, dia jadi kepikiran trus. Bawaan ny sutris muluu…pas UAN, dia malah sakit. Skrang dia g lulus, ngerem d rmh. Ortu ny entah k mna. SEDANGKAN, kk kelas ku yg bahkan dpet nilai 6 aja sukuur, malah lulus dgn perfect lah…Kerjaan ny bolos mulu, sikap ny urakan, pas TO nilai ny rendah mulu, eh…pas ujian dia malah lulus. Parah kan? Bahkan, ada kejadian d slh satu desa d BKL…yg siswa2 ny g lulus krna salah beli pensil. Pas buletin jawaban ny kurang tebel, kali. Pdhal, mungkin aja otak ny licin.

Aq yg liat org2 g lulus aja udah sutris. Mikirin nasib taun depan bakal gimana. Mana gosip ny, bakal nambah jadi 8 MAPEL, lagi. 8!!! Standar ny juga naik! AKHHH!!! Emangny pemerintah situ g punya anak apa? Emang ny mreka g pernah ngerasain susah ny menjalani UAN he? Mikir dikit napa…HUH!

31 thoughts on “Sekitar UAN

  1. Pertamax!!!

    Duuhh kecian si Michan… Sabar ya dek!
    *ngusep2 pala michan pake kemoceng*

    Kalo gw sih, bodo amat! Harusnya sekolah itu gak wajib! Harus ada sistem yang liberal dalam pendidikan. dalam artian Sekolah adalah pilihan. Jadi begitu seseorang memutuskan untuk sekolah, maka harus siap dengan segala konsekuensinya.
    Sebaliknya, kalo ada yang ga mau sekolah atau ga mampu sekolah, jangan dipaksakan. Biarlah itu menjadi konsekuensi masing2. Toh sekolah itu bukan kewajiban melainkan hak asasi!

    Apa yang bisa didapatkan dengan sistem kita sekarang? None! Mayoritas Orang Indonesia adalah orang serba bisa tapi dengan kemampuan dibawah rata-rata. “Tidak ada” spesialisasi!

    Ujian? hah!! Give me a break! beberapa lembar kertas bernama ujian segitu bisa menentukan masa depan? ijinkan saya meludah disini…
    cuih!!…

    *dipentung sama mi chan gara2 meludah sembarangan*

  2. Ahh..
    Pemerintah sono mah kerjaannya emang tukang buat peraturan aja dan nggak mau tau orang yang dikasih peraturan.

    Kentara banget tuh pemerintah asal jeblag moloo kalo bikin aturan, Nggak pake proses yang matang2. Jadilah mereka naikin naikin BBM, naikin nilai UN, dan naik-naikin yang lainnya tau deh dengan cara terpaksa. Yang semua itu dibikin secara instan! Ngerusak mental n semanget aja tuh…

    Pemerintah sepertinya berjudi dengan rakyat pake aturan2 yang nggak realistis ituh…

    Fyuuhh, pusying deh…

    *emang lagi pusing niy, daku sakit mata euy.. hiks*😦

  3. haha pe me rin tah
    sebenarnya hanya sebuah program komputer sederhana
    yang ditulis dengan bahasa BASIC. . .

    IF

    THEN

  4. @ pandu
    Slh tls, mas. Maklum, pas nulis ny lg mencak2. Khe khe…
    Slmt menempuh USM yap. Jd k Bdg?

    @ ru
    Bwahaha…
    Cocok tuh ru! Hihi…

    @ nai
    Terima nasib aja deh…
    Prubahan masi jln d tmpat toh!

    @ gie
    Iy, mreka main bkin aturan tnpa mikir nasib kita!!

    Ng, gie…aq masi kls 2 loh. Shrusny km nanya, aq naik ato g! Hihi…aq mau ambil hkum.

  5. Hehe.. iya tadi tuh mao tanya, tapi keburu mencet Submit..😆

    Hooo… masi klas 2 tho?
    Gimana naik kelas nggak? Dapet rengking satu lagi kan?
    Kalo nggak, waa… speedymu bakal dicabut atuh!😛
    :mrgreen:

  6. Hehe, jadi inget dulu UAN Matematika yang setengah mati konsentrasi diitung cuma dapet lima setengah (klo sekarang kayaknya udah gak lulus tuw😆 ). Biologi yang soalnya antah berantah taunya bisa dapet tujuh koma sekian.

    Yah, cari four leaf clover sama rabbit foot aja banyak2 mi dari sekarang😀

  7. @ ries
    Itu lah, enak ny masa2 dulu. Kalo taun aq ini, masa percobaan bnget. Mana sistem pelajaran ny ubah2 mulu, dr yg standar, KBK, KTSP, akh!!!

    Hoo…rabbit foot? Gyahahahaha….

  8. halohalooooo
    mimi-neechan!! aku stuju ama ente!! pemerintah bisanya cuma nek2in standar ajaaaaa!!!
    udah mah standar minimal nilainya tinggi,, mata pelajarannya ditambh!! adanya juga bikin tambah stress!!!! ap[alagikalo ada anak yang gimana2kayak temenmu ntu.. 1 minggu sbelum un ortunya ceraiii… oh myyyy…. pasti stress laaaaa!!! apalagi yang namanya remaja gituuu, pasti emosinya n mentalnya blum stabil, kalo emang anakny padahal pinter, trz pas un lagi down, jadi stress, ga bsa ngerjain, trus gak lulus dehh… kan ga enak bngettt!!!

  9. @ zozo
    Betu skali itu, nak.
    Nasib kita terombang-ambing gra2 UAN ini!!!
    Tai ah..

    @ sella
    Hush! Enakny dirimu…
    *ngiri sambil ngemut duren, bkn havermut*

  10. iya nene’… eh salah… iya nee-chan T.T
    padahal hobiku ini kan ngomik, baca novel, yman, dll….
    bisa terombang-ambing kitaaaaa
    *kita???*

  11. masak jadi 8 mapel???? gak terlalu banyak tuh… wew….jadi keingat ama kata2 yg pernah aku postingin ke blog pandu yaitu gak lama lagi DPR bakal rata ama tanah hahahahaahha

    tapi sebenarnya w setuju sedikit ama pemerintah soal kenaikan nilai UAN-nya yg setiap tahunnya terjadi tapi kalo bisa tetep 3 mapel aja. itu aja uda cukup, cukup dan cukupppp sekaliiiiii. kalo mau 8 mapel!!! suruh pemerintahnya coba ujian dulu baru kita yg ujian. mank mereka kira ujian tuh gampang apa wew…

    betul???

  12. Gyahahahaha…

    Rata ama tnah! Hihihi…

    Tauk tuh, mreka aja yg nyoba UAN dulu. Mreka sih enak, ngomong doang. Main naik2in ajah, tanpa mikirin gimnaa susah ny kita!!!

    Betul sekali, jendral!!!
    *berapi-api*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s