Posted in My Days, Think

Bumi Ku Bergoyang…

Yak…udah 5 hari blakangan, gempa trus2an d bengkulu. Fiuuuh….gede2 lagi skala ny. Td mlem, jam 12 lwt 10 mnit. Lagi enak2an duduk d teras ngeliatin bulan, tiba2 bunga2 d dpan goyang2. Glek…lgsung siap siaga deh…Trus, pas MU nge-gol in gawang Chelsea, gempa lg. Huhu…stress lg.
Pagi2 ny, pas lg mandi jg gempa lgiii!!!

I think yaa, ada dua jnis gempa. Gempa yg gerakan ny naik-turun, dan gempa yg gerakan ny kiri-kanan. Sbnerny, kalo d liat dr gempa2 yg trjd d bngkulu. Gempa yg naik-turun itu lah yg paling gwat. Soalny, grakan ny lbh kerasa dan krja ny men destroy! Anw, kalo dlu..pas gempa, aku cuma mkir rmh yg roboh. Tp skarang, mikir ny double. Rmh roboh ama tsunami. Hiks…traumatik

Sdikit flashback. Pertama kali aku ngerasain gempa pas taun 2000. Bln juni, sehari sblum ujian, seminggu sblum aku ultah. Huhu…pas jam 12 mlem lwat. Ampir mati k impit lemari. Well, sangat tidak etis ya, mati k impit lemari. G keren aja gitu, ntar masuk koran brta ny itu. Well, bagi ank yg masi sgt ingusan (sd aja blum lulus), aq takut. Udah ampir k impit lemari, pas mo kluar rmh…eh pintu ny macet. Edaan..Blum ckup smpe mlem itu aja. Bsok pagi ny, ngulang lg!!!

Baru skali itu lah, d bkl ada sejarah seluruh murid naik kls tanpa ujian (Mo ujian d mana? Wong gdung ny ancur…), ank2 kls 6, 9, dan 12 lulus tanpa syarat. Skolah pun libur 2 bln pnuh. Honestly, bkl lumpuh total. Itu masi mendingan, cm 7,3 SR. Jujur jg, aq trauma brat. 3 minggu tidur d mobil, g mo mkan2 apa (ngurus 7 kg, can you imagine that? Hoho), k kmar mandi aja parno, dpet insomnia sialan dr kjadian ini jg, akh…so bad lah! Dan 8 taun dr kjadian itu, aq mulai mmbiasakan diri sama gempa yg mngkn ribuan kali trjadi.

Apalgi bulan september kmaren. Itu lbih parah dr yg taun 2000. Skala ny 7,9 SR. Tp, prediksi org luar, 8,3 SR. Ntah, yg mana yg bner…Pdhal hr itu, tepat sehari sebelum puasa. Jd, aku prg k rmh paman. Dket prbatsan BKL ma Pdang. Tradisi org padang gini : Sehari sblum puasa pertama, d haruskan untuk Balimau. Balimau mksud ny, mandi pake jruk d sungai. Untuk mrayakan masuk ny bln Rmadhan gituu…Nah, jadi lah kluarga bsar ku berbondong-bondong mnuju sungai d bukit.

Pas pulang dr balimau itu lah, gempa trjadi. Aku yg lg nyetir, mikir ny ban kempes. Pas liat d sbelah kiri, rmh warga ambruk. Dlm bbrapa detik! Wew, aq lgsung histeris. Nge rem g pake mikir. Airmata udah merembes nih. Well, rasa ny bner2 beda sama gempa yg taun 2000. Lbih lama, mngkn 3 menit. Dan, gerakan ny lbih apa yaa…I can’t explain with words lah! Aq brenti, gigi ny masi tetep d posisi 2, ngeliat sekeliling. Motor2 ambruk, org2 lari2, ank ank kcil sibuk nyari emak ny. Byangan Aceh nyelip gitu aja d otk. Akhirny, kami skluarga berenti untuk menenangkan diri. Kta Papa ku, kalo pun tsunami, lbih aman kalo kmi tetap d bukit itu. Lampu lngsung mati, jaringan telpon putus. Tp, aneh ny…aq masi bs nerima sms. Dr spupu ku, Azura d Bdg…ngucapin gudnite. Hiiy…Bnar2 kacau…Dan, ntah brapa surat Al-Qur’an yg kluar dr mlut (tanpa sadar)…

Dlm skejap jg, org yg tinggal d pinggiran pantai. Berduyun-dyun naik k bukit. Aku malah nge liat bapak Bupati ny lari duluan. Abis 3 jam-an, artiny tsunami g bakal dteng lg. Kami mutusin plg. D Muko2 (daerah paman ku), kota yg rame ini, malah sepi. Pas msuk gapura ny, serasa kek d film Silent Hill. Sepi, gelap, hening. Cm ada sekelompok org. Rmh pman ku malah d jadiin pos jaga ny. Skali lg, ngulang pas pagi2. Aq, yg td mlem tidur rame2 d teras, lgsung bangun. 4 kali nyoba berdiri, 4x jatoh. Kondisi kota yg mlem ny g terlihat itu bner2 bkin aku mangap. Hancur total…kluarga ku ngadain survey pagi itu. Dan, wow…parah. Mo ngobatin ade spupu d RS, eh dokter2 ny ilang!!! G ada dokter ato pun prawat d sana!!! Ukh…

Kondisi d sna, kata pman ku, baru pulih 3 bln kmudian. Kalo g pak SBY ny yg dteng, mungkin g bakal balik2 tuh makhluk2 dr pengungsian!!! Haiaaa….nasib nasib. Kpan yak pindah dr sini? Emang sih…g separah yg d Aceh. G ada tsunami yg gede sgala. Kalo tsunami kecil2 mah…sring. DAN, gra2 gempa jg lah…bnyak investor g mo nanam usaha d sini. Tkut rugi, tkut usaha ny d ancurin ma gempa, etc. Btw, gempa yg d Beijing lebih parah lagi yak. Sampe puluhan ribu yg mati, ngeri akh. Smpet mikir dlm hati, apa China sanggup ngadain olimpiade d gdung olahraga yg bgus2, tp d luar sana…rakyat2 ny pada ngungsi. Gdung2 ancur, bnyak yg mati, tp olimpiade tetep jalan? Emg sih, olimpiade kan dana ny bkn cm dr China ny. Tp, bersenang2 d balik kesusahan org lain, bkn ny malah g bgus?

Yak…cukup hajatan ny kali ini, Mi. Kasian sma org2 yg baca post km smbil geleng2 g ngerti…

25 thoughts on “Bumi Ku Bergoyang…

  1. aku jg ngrasain mi kek gimana gempa itu… biar di jogja “cuma” 5.6 SR (klo ga salah inget) tapi bener2 bikin “bekas” di hati sama di otakku… waktu itu aku ga bisa lari keluar lewat pintu depan… jadilah aku terbirit2 ke pintu belakang… posisi pintu belakang pas di bawah menara air… pas aku lagi berusaha keras buka pintu tiba2 byurrrr air mengguyur… ternyata menara airnya begitu kenceng goyangnya hingga airnya tumpah… wew!! alhasil aku jadi satu2nya orang yg lari keluar dlm keadaan basah kuyup… blah… kalo dipikir2 masih untung cuma basah kuyup yah😆

    tapi bener traumanya sembuhnya lama bgt… sampe skrg suka glagapan kalo denger suara2 bergemuruh… kek suara pesawat gitu…

    duhhh… komennya panjaaaaaaaaang😀

    sekian dan terima kasih

  2. @ carra
    *toss*
    Iya, smpe skrg kalo dnger suara brgmuruh, sk jd glagapan. Tmen ku sring gangguin aq, dgn cra goyangin mja diem2. Hehe

    Aduh…k sirem air. Kalo 5,6 SR sih, udh biasa d bkl.
    Yaa, g bkal bs ilang trauma ny…

  3. wew…. kalo yang aceh terasa banget di medan, waktuitu w lagi enak2nya tidur mmg uda jam 8 tapi kalo minggu biasanya w bobok ampe jam 10 gitu, eheehhe tiba2 dibangunin ama adek w kalo ada gempa, panik broooo!!! langsung deh loncat dari kamar tidur dan listrik mati total waktu listrik idup diliat berita wew,,,sedih ngliat kejadian tsunaminya😥, waktu yang malam juga terasa abis, kuat goncangannya…, waktu itu w pas lagi ke kamar mandi mo buang air kecil trs tiba2 kokgoyang, padahal uda ngantuk berat, pintu rumah semua uda dikunci, pas waktu itu lagi nonton serial film barat yg gunung merapi, pas meletus di filmnya gempa n di tempat w juga goyang, wew panik cepet2 keluar mo buka pintu kuncinya gak masuk2 lagi, apes deh, terakhir warga sekitar rumah w pda jongkok soalnya da terlalu kuat dan semuanya pada baca doa dan lama2 gak ada lagi..

  4. Yey…ngapain jg tinggal d daerah yg rawan bencana? Klo bs, aq mo minggat jauh2 dr sini…Lma2, bs jantungan.

    Yep, Jepang jg yaa! Hmm

  5. Di Bandung belum pernah tuu ak ngerasain gempa. *polos*
    Plg jg ktanya wkt kpn gt malem2 ada gmpa kcil gt, tapi aku dengan tenangnya tertidur pulas.. Ga kerasa apa2 tuh, lgian barang2 pada tentram,
    Di bengkulu lapisan tanahnya lagi aktif mungkin, smg g knapa2 lgi deeh,

  6. @ pandu
    Wkwkwkwk…
    Mandi sambil megang Hp???
    Cih…

    Wew…
    *membujuk ortu*
    Ndu, kta ny g bole. Suroboyo kejauhan.

    Iya, OL jg. Tp, pke kompi…
    ;))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s