Posted in Hometown

Fort Marlborough

Let see….gmbar gerbang apa itu d atass??


Yaa..bca saja tulisan ny! Itu benteng Marlborough!!!
Hohoho…benteng ini adlh icon ny Bengkulu stelah bunga Raflessia!! Jadi gini, td abis perpisahan, aku mampir k benteng ini. Krna dket bgt ma skolah! Aku n 5 org tmn ku gila2an d benteng ini krna cm kami pengunjung td tu! Dgn bekal 1000 rupiah per orang, kita bs nikmatin dan foto2 spuasnya d bnteng berukuran 44.000 m persegi!! Murah bgt…

Eheem…ada yg prnah bca sejarah benteng ini?? Okeh…
Jadi, benteng Marlborough (Fort Marlborough) merupakan benteng peninggalan Inggris, didirikan oleh East Indian Company pada tahun 1713-1719 dibawah pimpinan Gubernur Joseph Callet, ini merupakan benteng terkuat Inggris di daerah Timur setelah Benteng George di Madras. Benteng ini didirikan di atas bukit buatan, menghadap arah kota Bengkulu dan memunggungi Samudera Hindia. Kalo berdiri menghadap kiri, kita bisa liat landscape Pantai Padri. G jauh dari lokasi benteng ada monumen Thomas Parr yang dibangun pemerintah Inggris untuk mengenang tempat residen Thomas Parr yg meninggal d Bengkulu krn pemberontakan rakyat setempat. Monumen ini bisa dikatakan sbgi lambang maut bagi residen Inggris Thomas Parr yg dibantai rakyat dalam peristiwa pemberontakan tahun 1807. Jenazah residen yg terkenal sgt kejam itu dimakamkan di bagian kepala kura-kura benteng Marlborough. Tugu berbentuk kubah merupakan tanda memperingati trbunuhnya Thomas Parr.

Benteng yg kta ny bentuknya seperti kura-kura dan terletak di tepi pantai Tapak Padri ini dibangun secara bertahap selama lima tahun mulai 1714. Pembangunan benteng tersebut dulu dimaksudkan untuk memperkuat pertahanan Inggris di kawasan pantai barat Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) terhadap ancaman kompeni Belanda (VOC) yg memusatkan pertahanannya di Batavia dan Banten, sekaligus mempertahankan daerah Bengkulu sebagai daerah monopoli lada dan pusat perdagangan. Hohoho…

Benteng ini kokoh banget! Udah di guncang gempa ratusan kali, tp masi bertahan. Di bagian atas benteng, itu ada banyak bgt meriam2 yg udah karatan (mengahadap k laut). Trus lantai nya itu dr beton, dan tangga ke atas jg g kek tangga (cm jlan biasa yg lantainy dr bata). Di bagian dalam benteng, kita bisa liat bekas-bekas kamar yg fungsinya antara lain untuk kamar serdadu (barak), gudang penyimpanan lada dan cengkeh, ruang tahanan (puluhan kmar), gudang mesiu, logistik dan kantor. Ada sbuah ruangan dan lorong panjaaang, yg jadi jalan tembus k tepi pantai. Tp, d sarankan supaya g masuk k snaa. Soal ny, lorong ny kecil, sumpek, gelap, dan menyeramkan. Ssst, kta ny d sini gudang hantu. Bnyak yg sering dnger jeritan para tahanan. Di beberapa ruangan terdapat coretan para tahanan pada dinding tembok. Malah ada coretan yang dibuat oleh serdadu Inggris yang mungkin jenuh berperang sehingga melampiaskan kejenuhannya di tembok. Agh, cuma tulisan ny skarang banyak yg kabur. Bung Karno sendiri pernah ditahan di salah satu ruangan benteng tersebut ketika Belanda membuang beliau ke Bengkulu.

Bangunan benteng dikelilingi oleh tembok yang tebalnya 2 meter. Selain itu meriam-meriam sundut di tempat yang strategis seolah-olah siap menjaga setiap sudut benteng. Benteng tsb berdiri d atas bukit karang yg menghadap ke pantai. D sekeliling benteng ada parit-parit pertahanan dengan tiga jembatan penghubung yang sewaktu-waktu bisa dinaik-turunkan. Kereen uey! Seperti benteng-benteng bangsa Eropa abad pertengahan khususnya Inggris, bangunan ny terkesan berwibawa, angker dan sangat kokoh. Anw, dulu ada 300 org anggota PKI yg d penjarakan d sini!

Well, kalo anda berminat main perang-perangan. D sini cocok banget. Bnyak tmpet persembunyian. Bnyak meriam! Hohoho…td aku smpet main sma ke-5 tmen ku. Aku d kubu Inggris dan akhir ny kalah juga mlwan tmen ku yg jadia rakyat BKL. Hahaha…Yg d sayangkan dari benteng ini adalah tampaknya tidak ada penjaga khusus dan ketika malam g dikunci, jd benteng ini sangat kondusif tuk dijadikan tempat mesum. Karena memang banyak sudut dan lorong yg memungkinkan untuk melakukan itu. Hahaha…soalnya aku smpet menemukan beberapa “artefak mesum” d beberapa sudut benteng ini. Huh, asem!

Nah…berikut ku tampilkan foto2 yg ku jepret td! Enjoy…


Berkunjuung k sini yaaa…

Informasi sbagian d ambil dr Oom Wiki n Mbak Gugel!

40 thoughts on “Fort Marlborough

  1. @ sakuzo
    Wah, ini ladang ny nih.
    Bnyak yg mati d sini. Td aja, kalo g rame2…g brani msuk k pnjara bwh tnah!

    Kta ny sih, kalo malem2 sering kdengeran prg2 jerit. Kta yg jaga, itu tuh…jeritan arwah2 yg mati d sanaa!! Hiiiy…

  2. wehh.. tempatnya kaya ga di indonesa…
    biar benteng..tetep aja halamannya baguss…
    dasar kompeni..the sense of artnya tinggi…wkwkwkw

    itu sapa tuw…kecil2 jadi penghuni penjara ckckckck…..

    mana nih rafflesianya??!!

  3. Iya tuu…
    Dr fotonya udaaa kliataaaan seyeeem,
    *tengak tengok*
    Pi… Pi…? Dirimu dmana eh? Ksini yuuuk! Daripada ikutan ekspedisi hntu yg mahal itu.. Mnding ksini ajaaa… Cuma’ Cebu.. Sarebu tilu, loh?
    seribu aja kan??😀
    Eh.. Eh.. Tar.. Artefak mesum?
    Jd di benteng angker ada yg brbuat mesum?
    Gilee, trnyata keinginan utk brbuat mesum mengalahkan rasa takut ya, hiiiy

    @eru : nicknamenya kupake niii,
    Arigato ya!!! ^.^v

  4. @ nai
    Heheheh…tau tuh kompeni. Bisa ny cm design, yg ngerjain org Indo!

    Wkwkwk…itu tmen2. Ku paksa jd kurungan!

    Agh, kalo aku nulis post tntang bunga Rafflesia, trus rumah Bung Karno, ato apa lah gituu…Lama2 blog ku udh jadi kek blog wisata!!!

    @ eru
    Iyee…mreka licik sih…

    @ Uchiro
    Tengkyuuh…hehehe

    @ Rei
    Loh? Rei? Kok tiduuur?

    @ sakuzo
    Yepp…cuma seribu! Murah bgt kaaan?? Hehehe

    Iy, lorong n kmar penjara ny kan banyaak, jd d sna lah mreka para insan2 yg lg palinlop (darah muda, darah yg berapi-api), brbuat mesum! Hehehe…(I’m not, I’m not). Tp, mreka cukup brani…
    Siapa tau, pas lagi grepe-grepe…eh, k-grepe kuntil ato arwah prajurit! Haiaaa….mampus dah!

  5. Akh, masa org lg grepe sana-grepe sini, aq nongol and then blg: mas, mbak…minta fto ny y? Gtu aja pose ny…

    G etis ah. Ntar mlah d gebuk rmaja2 bkl krna mempublikasikan tmpt fav mrka…hehehe

    @ mina-san
    Agh, knapa fto2 itu nyasar d sna? Dasar Rega tuyul! Gomen, mina san! Fto2 yg plg bwh, d abaikan sja. Maklum, kslahan pngedit…

  6. @ sakuzo
    Enggak…Td si ragarega nambahin fto ny diem2. Geblek sih…hahaha

    @ pHi
    Loh pHi? Kmu punya hubungan apa sma meriam (belina) pas masi kecil?
    Hooh, monggo monggo….

  7. Mi-chan… gambar yg trakhir itu kamu…??:mrgreen:🙄 kapan ya ke bengkulu…?? hadoh… bebannya berat nyebrang pulau mah… musti bisa renang dulu kan yak…??

  8. Aih, km blum tau aja kbenaran yg sbenar ny. Akh, panjang kalo d critaan yg lebih kejam, serem, dll. Bs2 aku d gebuk rakyat bkl, krna menurunkan visa dlm sektor parawisata (yaelah, 1000 doang gituu). Krna, buat kabur para turis2 gra2 cerita sereem. Hehehe

  9. @ eru
    Hehehe..iya juga yaa! Adoh, aku kan masi tau sopan santun, Ru…
    *ngeles*

    @ Xaliber
    Nyem nyem…
    konvensional industrial defensif? Hihi…g ngerti bos!

    Tp, kalo arsitektur ny emang beda bgt sih.

  10. Mi-chan, bagus juga ya…jadi pingin ke sana, blum pernah ke pulau Sumatra kecuali Lampung doang nih….

    Hm….ini kan tempat wisatanya, tempat nginep ma tempat wisata kulinernya mana???

    Artefak mesumnya mana??? *ditabok**

  11. *narik sella kluar dr monitor*

    Lampung? Wah, dket ituh dr bengkuluu…

    Hmm…sell, blog ku inih g d bayar ma Dinas Parawisata Bengkulu looh…
    Jd, ngapain juga aku nulis2 tmpet nginep ma wikul nyaa…

    Artefak mesum? Woot? Kmu jd sekutu Eru rupa nyaa…

  12. Baru sadar kalo ternyata mic_chan ini orang bengkulu. Sama dong.. heehehhe..

    Ok aku coba test:

    Ambo jugo la lamo tinggal di bengkulu, gaek lanang samo gaek tino masih disano galo. Kau cam mano? rumah dimano? ambo di Nusa Indah..

    do u understand?

  13. Hahaha….jls bgt aq ngerti!

    *ngakak guling2 baca komen reza*
    Ho oh, tho kita satu sd!:mrgreen:

    Nusa Indah? Wah, deket ituh!

  14. menarik meskipun w pernah tinggal didarah bengkulu,,,,,yang pastinya sering masuk ke benteng itu,,,skarang udah gax lgi,,,cz pindah ke daeah bengkulu bag utara,,,,jadi keingat masa kecil,,,,,yg masih lugu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s