Posted in Think

Teh Unjuk Gigi

Sampe setaun yg lalu, teh masi kalah eksis ama kopi. But, akhir2 ini teh yg unjuk gigi. Coba deh check ndiri, d mna2 banyak bgt yg jualan teh. Dr teh twar, teh kemasan, bubble tea, sampe lemon tea!!! And you know what? Teh d gossipin jd minuman terfavorite kedua setelah air putih!!

Sbenernya teh ini cm accident things. G sengaja d temukan sma pelayan ny Kaisar Shen Nong dr China pas lagi jalan2. Taun 2737 SM (klo g slh). Si kaisar nyruh s pelayan negerebus air buat d minum. Nah, pas lg rebus-merebus, g sengaja beberapa helai daun kering terbang kebawa angin trus masuk k dlm air yg mendidih. Air ny jd coklat2 gitu! Pas d cobain, ternyata enak. Dan si akisar pun nyuruh pelayan ny ngbawa daun2 itu k krajaan ny. Konon, d sinilah legenda minum teh d mulai!!!

D dunia ini, udah ada 2000 jenis teh yg berasal dr 25 negara yg berbeda jg. Tp, teh umum ny d golongkan menjadi teh hitam, teh oolong, teh hijau, dan teh putih. Anw, India adlh negera produsen teh terbesar d dunia. Teh yg terkenal dr India ini d namain Darjeeling Tea, ato ‘the champagne of teas’

Teh itu banyak bgt manfaat ny. Misal ny teh bs memperkuat gigi dan tulang. Bisa jg nyuburin rambut! D Cina, teh malah d gunakan sbg obat luar untuk penyakit, misal ny untuk nutupin luka. mencegah penyakit kulit, etc. Daan, teh jg bs jd obat awet muda plus ngilangin kanker…Asik tuh, awet muda mulu. Oy, juga bs mencegah diabetes, mengurangi letih, dan memperlancar saluran pencernaan. Plus, menetralkan lemak!. Hoho…that’s why ada Sliming Tea kali y…

Tradisi minum teh juga unik2! Kalo d Tibet, d campur dulu ma mentega, susu dan garam untuk menciptakan minuman yg nama ny po cha. Kalo d Cina, tradisi minum teh bisa d bilang sbg cara untuk saling mempererat kekeluargaan. Anak muda d Cina menghormati org tua dng cara mnyajikan dan menuangkan teh. Hohoho…kalo d Jepang, minum teh ny tertib banget. Hrus ngasih penghormatan dulu, duduk ny bersimpuh, minumnya harus anggun, dan hrus habis!!

Kalo d Indonesia, mungkin daerah Tegal lah yg terkenal bgt sm budaya minum teh ny. Penduduk ny punya tradisi moci (minum teh poci sambil berleseh2). Oleh2 khas Tegal ini! D sebut teh poci, soal ny teh kental ini d seduh dlm poci gerabah dan d tuangkan d cangkir gerabah juga! Ktany sih, rasa ny bakal beda kalo kalo teh ini d seduh d poci logam, plastik, ato kramik. DAN, Kta ny teh poci ini terkenal dgn aroma khas dan rasa yg unik, sepet n kental. D Tegal, moci d warung dikenal dengan sebutan cipok (moci karo ndopok), artinya minum poci sambil ngobrol.

*menikmati ujan, sambil minum teh*

14 thoughts on “Teh Unjuk Gigi

  1. hmm…saya juga penggemar teh
    tapi berhubung males bikin ndiri…
    jadinya sering beli…
    kl ga teh kotak ya NU…enak kok

  2. Haha gw sih doyan Kopi pake Cream or Nescafe Classic sekalian….

    tapi ga sering2 soalnya ga bagus sama jantung

    ** i born with weak one **

  3. saya juga penggemar teh…๐Ÿ˜€ sukanya teh buatan sendiri, ama teh frestea…. hehehehe

    btw, uda ada yg pernah coba blm teh dicampur air buah nenas……, enak loh. itu resep dr aku *sambil menepuk dada* pertama iseng aja liat mama aku lagi potong2 nenas.., terus aku ambil 2 n diperas, ada airnya…, dicampur deh…, setelah diminum, ternyata enak juga….

  4. Iy, buatan ndiri emang paling yahud!
    Ha? Yg bner? Nyoba ah! Cm d sni, lumayan susah buat nyari nenas! Tp patut d coba…^_^

  5. klo aku suka NU green tea yg honey..
    teh sisri juga enak

    klo kopi suka kopi ya klo ga gitu indocaffe coffeemix

  6. Waaa… *bengong*
    *menerawang, mengingat-ingat*
    Waaa kmaren2 aku hbis kemping di tengah kebun teh…
    Di daerah Lembang gt…
    Enaknya… Trz pas malem2 nya kta nge-teh n bkin kopi deh!
    Btw, udah ada yg pilih JoyTea?
    Aku pilih itu!
    Joytea*ato joitea seh?* enaaaak, tp teh botol n fresti jg enyaaaakk…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s