Posted in Review

Arigatou, Nippon

Pengarang: Vivi Silvia C

serius mode: ON

Buku ini hanyalah sebuah kisah. Murni fiksi. Tapi alamat, nomor telepon, tradisi, nama toko, nama makanan, lokasi yang ada di disini adalah nyata. Bisa dihubungi, bisa dijajaki, bisa dicicipi, dan bisa dicoba. Yang unik dari buku ini adalah, buku ini menjadikan cerita sebagai setting Jepang. Bukan seperti buku-buku yang lain, yg menjadikan Jepang sebagai setting cerita.

Di buku ini, tidak ada tokoh utama. Semua peran yang ada, merupakan tokoh utama. Selain berisi kisah roman para pelakunya, novel ini juga berisi pelajaran tentang budaya dan bahasa Jepang. Bagi mereka yang baru mempelajari budaya Jepang, deskripsi tentang budaya Jepang di dalam novel ini bisa dipercaya. Informasi tentang lokasi dan isinya pun sangat mudah dipahami dan menarik.

Bagi mereka yang berminat (untuk pertama kalinya) dan punya rezeki cukup untuk pergi ke Jepang, novel ini bisa jadi buku panduan yang simpel tapi lengkap. Setidak nya, siapa tahu ada beberapa kalimat yang bisa dipakai saat keadaan memang diperlukan. Kebayangkan saat kebelet pipis, faktor bahasa nggak jadi masalah. Soalnya, dalam novel ini banyak terdapat kalimat-kalimat berbahasa Jepang yang bisa kita gunakan (meskipun cm bahasa baku). Lengkap dengan artinya yang penulis tuliskan di bagian catatan kaki.

Disamping itu, novel ini juga dilengkapi oleh beberapa foto dan peta. Sperti peta wilayah kuil di Kyoto, peta negara Jepang, peta jalur kereta api tercepat Shinkansen, dan lain-lain. Bahasa yang digunakan penulis juga tidak rumit, dan sangat mudah dipahami. Membaca buku ini adalah salah satu cara hebat buat ngalamin serunya Jepang tanpa perlu ke Jepang! Membacanya saja sudah membuat kita seakan-akan ada di sana. Karena, penulis sangat mampu mendeskripsikan suatu tempat atau hal dengan sangat detail, sehingga kita merasa seolah-olah berada di sana. Lengkap dengan pengalaman-pengalaman menyenangkan sekaligus menegangkan yang mungkin dialami.

Akh, jadi pengen k Jepang….

7 thoughts on “Arigatou, Nippon

  1. @reiChan:
    Cosplay mah udah sering kalee di Indonesia jga,
    Aku sering liat, coz tmenku srg ngikut cosplay,
    Luthu-luthu…
    Wkwkwk
    Tp ak jg pngen bgt k jpang! Teknologi maju!! Kotanya keren2, pngen nyoba k Harajuku, wkwkwk
    Trz dsna jg sumber utama komik yg bgus tntunya,👿
    Huahahaha,
    Pengeeeen k sanaaa!!

  2. Yuuuk…kita k sna breng2. Anak2 blog gituu. Kita boking tour guide! Mauuu?
    Ajak siapa2 aja yg mau ikuut! Hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s