Posted in Padang (kota ku cintah), Review

Kota Wisata…?

Kamera, perut kosong, duit yg cukup, n ruang ekstra d koper. Ke4 hal ini emang ‘wajib’ d bawa kalo jalan2 k Ranah Minang alias Padang. Hmmm…berhubung aku lg cinta2 ny sma kampung ku ini. So, I’ll guide you to know interesting place in Padang. Ok2 here we go!

Apa sih yg bikin Padang itu menarik? For me, pemandangan ny…Ok, I admit, pantai d Padang kalah jauh sma pntai d Ancol, apalagi d Bali. Tapi, beside that…pemandangan alam d Padang keren bgt. Aku mungkin udah sering bgt prg k Padang, tp g prnah bosan. Why? Krn selalu aja ada tempat yg menarik. Bkn d lht dr sisi ‘shopping ny’, ato tmpet nongkrong keren, tp dr alam ny.

Ok, misal ny y…d Padang itu ada 4 buah danau yg super duper keren. Danau Maninjau, Danau Singkarak, Danau Atas, dan Danau Bawah. Di jalan menuju Danau Maninjau, ada yg namany Kelok 44. Jadi, jalan ny tu berliku-liku…likuan ny ada 44 kali. Dan..d setiap kelokan, sering muncul monyet2 yg nagih kacang. Ada banyak pemandang yg ‘wah’ lain ny, seperti kolam ikan yg ada ikan segede bus, Gunung Monyet, Jembatan Akar, Gua Kelelawar, Ngarai Sianok, Kelok Ampek-ampek, dll. Terus, kalo misal ny kita k Padang lewat jalan lintas barat (dlm artian: lewat Bengkulu), sepanjang jalan, mata kita bakal d suguhi pemandangan asik. Soalny, d spanjang jalan, banyak bgt air terjun. Asikk!! Bkn itu aja, air terjun yg paling tinggi dan keren tu ada d jalan lintas k Bukit Tinggi, nama ny Lembah Anai. Tmpet ny strategis bgt, g usah capek2 ndaki gunung, krn air terjun ini ada d pinggir jalan raya. Cm jarak 4 meter-an. Can you imagine that?

Dr sisi makanan? Wuih…g usah d tanya, bnyak bgt. Smua ny pasti tau dong, makanan Padang tu terkenal sma rasa ny yg super spicy, kayak rendang, dendeng, nasi kapau, dll. Trnyata, banyak bgt loh makanan khas Pdang lain ny, such as…kerupuk balado yg terkenal bgt, terus kue sagu ny, roti Cane, Martabak Mesir Kubang & Hayyuda. Untuk ngedapetin ny ini gampang kok, d jalan masuk k Padang, brtebaran. Tp, yg paling yahud rasany, itu d Toko Christine. Trus, kalo mau berusaha lebih keras, d jalan lintas Bukit Tinggi, ada Rumah Sate Mak Syukur yg ngejual sate berukuran jumbo. Bagi penikmat sate padang, uang Rp. 10.000 rasa ny pantas d keluarkan demi sate ukuran jumbo ini. Then…ada Bika Mariana, yg enak bgt. Tau bika kan? Makanan yg terbuat dr kelapa itu loh…D jalan yg sma juga, ada yg desa yg nama ny Kelok Paniaram. Kata ny sih, semua penduduk d sna berprofesi jd pembuat makanan Paniaram, yg terbuat dr tepung beras d campur gula merah. Sooo….

G cuma d Bali yg pantai ny d kunjungi turis asing. D pantai Padang, juga banyak loh turis asing yg asik mencari ombak buat berselancar. Jarak pantai dr jalan raya pun deket bgt, cuma beberapa langkah. Kalo salah nyetir dikit aja, nyemplung k laut deh. Kalo sunset, duh…jgn d tnya..D sblh kanan jalan, banyak bgt wahana dan resto2 yg pw deh…makanan yg top d sini itu kepiting dan udang goreng. Trus, ada Talua Katuang (telur penyu), yg ‘yummi’ bgt. Kalo mau yg agak mahalan dikit jg ada, Restoran Nelayan yg nyediain ikan bakar yg gedee. Kalo sore, d spanjang jalan ini, sering ada balap gituu (mobil kbanyakan). Buat yg pacaran, d sni lah tmpet yg paling g nge-bosenin. Apalagi kalo malem2, beeu..tmbah asik. Duduk berdua d pmbatas jalan, kaki d cemplungin k pinggir laut, d temani para musisi yg manggung tiap malem d Gelora, plus udang n kepiting goreng menemani. Walah…

Padang adalah surga ny pencinta duren. Para durenvora bs pesta pora makan duren d sni sampe mampus. D mana lagi kita bs dapet duren dgn harga murah meriah? Dgn uang maksimal Rp. 5000, kita udah bs dapet duren minimal 1 buah. Duren ny duren asli, bukan duren yg d awetin. Malah, lebih mirip durian bangkok. He2…Kalo g mau repot, Es Duren jg ada. Paling ajip yg d resto ‘Ganti Nan Lamo’, d Pulau Karam tuh, posisi ny sgt strategis. D sebelah kanan, ada toko komik dan gudang ny CD game (PSP, PS1, PS2, Pc, dll. Kalo mau jalan dikit aja (aku lbh sk jalan kaki, jarak ny 1 kilo), ada Jembatan Siti Nurbaya. 1 lg tmpet pacaran paling ok d Padang. Bisa d smain sma ‘Ampera’ ny Padang (walopun g sgede itu). Dan d sini…gudang ny makanan juga!

Dr segi pengetahuan dan sejarah? Banyak…kalo d sekitar kota Padang, kita bs ngeliat gimana proses pembuatan Semen Padang dan sumber ny (gunung kapur), yg terletak d Indarung. 20 menit dr Kota. Dan kalo mau liat model2 kapal, yg bakal jd pengangkut semen2 tsb. Kita bs go k Taluk Bayua (Teluk Bayur), d sna pusat mangkal ny semua kapal2 industri dan kpal2 nelayan seluruh Padang. Dan…cuma 1 jam dr Kota, kita bs nikmati pemandangan laut yg biru dr atas bukit, dan kalo mau turun k bawah, kita ketemu sama Batu Malin Kundang beserta kapal karam ny.

Ok, dgn perjalanan 2 jam-an, kita bs nyampe d Bukit Tinggi. D spanjang jalan, aku sarankan untuk g makan apa2. Supaya g muntah, krna jalan ny tu tikungan tajam mulu. We can say, Bukit Tinggi itu ‘Puncak’ ny Padang. Org kalo liburan, y pasti k BT. Nama ny juga Bukit, jd struktur ny kyak bukit, naik-turun.
Apa yg mnarik d BT? Banyak…
Misal?
Hmm…d BT, ada Jam Gadang yg udah terkenal kali y…soal ny jam ini udah ada d sni sjak masa penjajahan Belanda. Dan jd ikon ny BT. Kalo siang, pelataran ny d jadiin tmpet foto2. Kalo malem, d jadiin tmpet jual makanan kecil, tongkrongan pelukis dan musisi jalanan, dan org pacaran. Lokasi jam gadang tu strategis bgt, mau k mna aja dket. Tinggal jalan kaki aja…

D BT, cm beberapa meter dr Jam Gadang, juga ada Benteng Fort De Kock, yg d bangun Belanda tahun…ng…1852 (I guess). D samping Benteng ny, ada Gelora Bung Hatta, tmpet tinggal Pak Hatta dulu. Dan kalo mau jalan kaki dikit aja, ndaki bukit, dan nyebrang jembatan, ada Kebun Binatang Taman Kinantan. Emang g selengkap Ragunan sih, tp suasana ny asik bgt. Serasa back to nature…
And….BT itu jg terkenal dgn ‘rumah ny’ para penggila shopping (not me..not me). Krn, d sni smua ny murah bgt. Tmpet ny itu tepat d samping Jam Gadang td, cuma kita harus naik tangga yg terkenal dgn nama ‘Tangga Seribu’, cause tangga nya tinggi bgt dan banyak. D sana smua ada, mau yg grosiran, ato satuan. Dr model yg ‘tertutup’, minim2, emo2, punk, ada smua d sni!

Yg paling khas d jual tuh, kerajinan tangan ny. Kayak sendal dr anyaman/kulit kayu yg harga ny Rp. 8000. Murah, dan keren. Trus gantungan kunci, tas, dompet, dll. Emang barang yg udah umum, tp kemasan ny beda. Bentuk ny beda, dan lebih murah. Gaya jualan ny sma kyak d Malioboro Jogja. Pinggiran (g d dlm ruangan gituu), tp kalo struktur ny…prefer k tmpet2 jualan d Candi Borobudur. Berliku-liku gitu…He2! G jauh dr situ, ada Gramed dan Ramayana. Kalo mau cr tmpet nginep, banyak kok. Kalo mau yg strategis bgt, ada Novotel (The Hills). Tp, siap2 ngeluarin duit banyak. Kalo mau yg mrh, tapi strategis, ada Hotel Bumi Minang. Murah kok…

Sooo many lg tempat2 bgus d Padang. Tp, aku g mungkin nulis semua ny d sni. Penuh,,,So, enough for this time!!! Moga2 ada manfaat bg org yg pngen jalan2 k Padang. Skalian aku promosi gituu…

Tips dari aku kalo k Padang:
1. Jangan lupa bawa ANTIMO, supaya g mabok. Soal ny, jalan dari tmpet wisata yg satu ama yg lain ny itu lumayan jauh dan ‘memusingkan’.
2. Hindari make baju ketat, minim, atao yg memamerkan aurat, like tank top. Nekat make? Boleh aja, asal siap jd sindiran dan d plototin co2 & emak2 Padang
3. Klo mau jalan2, jgn pake high heels sgalaaa, pake sendal ato spatu kets aja.
4. Jgn makan kebanyakan, ntar sakit perut
5. Jgn gila belanja, ntar uang ny abis
6. Jgn pernah naik angkot d Padang, naik bus kota aja. Penampilan ny emang keren, tp dalem ny? Sumpek! To be honest, angkot2 d Padang tu super keren. Modif ny keren bgt!!
7. Jgn lupa bawa sunblock, topi, n kamera.

13 thoughts on “Kota Wisata…?

  1. Hmm… my bestfriend juga orang padang.. suka bawa kerupuk yang super pedes (lupa namanya) yang aku sekali makan sampe kapok ga makan kerupuk itu lagi…..:mrgreen:

    Danaunya sih keren memang,,,😀

    Waaah durennya murah😀 (cuma lagi mikir bawa duren dari padang ke bali pake kendaraan… baunya kaya apa >.<)

    iya kalo mo pake tanktop ma ke Bali aja wk wk
    wk wk

    Kenapa ga bole nek angkot di padang? di bandung si itu media transport utama😀

  2. @ Reedler
    Hahaha…Ah, cobain yg rasa bru deh. Yg keju pdes. Enak…

    Kalo duren kan bs d taro dlm kardus. Kalo pke pesawat tmbah enk, masukin aja k bakasi. Kalo mabok, y g papa. Itu lah seni ny bw duren.

    Wah, kalo Bali mah, udah biasa kali y…Kalo d Padang, smua ank sekolahan seragam ny, harus tgn panjang, rok/celana panjang, yg ce pake jilbab. Jd, agak aneh kalo misal ny ada yg pake tank top gitu…

    Bukan ny g boleh, tp d sarankan g usah. Soalny sumpek, panas, ngebut2an, musik ny full, dll deh. D bengkulu jg angkot media transport utma, tp g seee sumpek angkot ny Padang.

  3. @ Reedler
    Aq bru dpet informasi dr Mamah ku,,,kata ny skarang kalo duren ny mau d bawa jauh pake kendaraan, penjual ny udah nyediain plastik anti bau duren. Jd, aman kok…hihihi

  4. plastik anti bau duren? wooo…
    teknologi rumit kaya apa itu….

    ** mebayangkan plastik dan mikrochip plus kipas **

    foto-foto😀

  5. hai ami…numpang mampir

    saya jg pernah ke padang, padang panjang dan bukit tinggi.

    ke danau singkarak, danau diatas dibawah, ngarai sianok sama goa jepang, minang village, plus sate padang asli n ngeliat gunung merapi sama singgalang **dari jauh yg jelas**…oh ya…kelok sembilan juga bener2 edann tuwhh…😀

    pengen kesana lagi:mrgreen:

    eniwei…foto-foto tempat wisatanya ada ga?

  6. @ Naira
    G apa2…jd pngunjung tetap jg g pa2. Hehe
    Org Padang y? Yg di critain Eru?
    Oh, y…Singgalang n kelok sembilan g aku masukin…
    Soal ny bnyak bget…jd lupa!
    Foto2 ny? Kalo d hp…dikit.

  7. @ami:
    si Naira orang pontianak bukan orang Padang😀

    temenku yang orang padang cowok…

    Keripik?

    aaah nope..

    seneng pedes sih, but…

    perut saya lemah sama keripik2 **terutama**

    yang dari padang😀

  8. @ Reedler
    Oww…Naira org Pontianak toh!
    Ah, itu lah khas ny keripik Padang. Pedesny beda sma pdes Jawa. Kerupuk Padang jg ada yg g terllu pedas (promosi nih)…

  9. wahh..foto2nya dimana non…kok ga ada ** bihun **

    hooh..aku orang melayu…tapi papaku orang pekanbaru dan punya sodara2 di padang…jd dulu suka berkunjung..

    Then…aku bener2 setuju Sumbar itu kota wisata… so beautifull…apalagi waktu itu aku jalan-jalan pake jeep lewat bukit ** ato gunung yahh** kelak kelok. ** kapan yahh ke sana lagi**

    Amboi…rancak bana..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s